Dengan TRÅDFRI gateway, Anda dapat terhubung dengan produk pintar IKEA dan mengaturnya melalui IKEA Home smart app yang ada pada smartphone Anda.
Cara memasang TRÅDFRI gateway
IKEA Home smart app dan TRÅDFRI gateway memudahkan Anda mengatur produk pintar yang terhubung. Mengatur timer untuk membangunkan Anda, menciptakan suasana yang diinginkan, serta mengontrol aksesoris. Lihat video berikut dan pelajari cara memasang TRÅDFRI gateway.
Gateway adalah perangkat kecil yang menghubungkan produk IKEA Home smart ke aplikasi IKEA Home smart Anda melalui jaringan Wi-Fi rumah, sehingga Anda dapat mengatur pencahayaan dari perangkat ponsel di mana pun di rumah Anda. Aplikasi IKEA Home smart tidak dapat mengontrol produk IKEA Home smart tanpa gateway.
Anda harus memiliki router Wi-Fi dengan port LAN cadangan, produk IKEA Home smart seperti bohlam, tirai, stopkontak dan lain-lain, serta perangkat untuk mengontrolnya.
Anda harus menekan “disconnect” dari gateway jika Anda ingin terhubung ke gateway lain. Bayangkan skenario memiliki satu pintu gerbang di kantor dan satu lagi di rumah. Untuk melompat dari satu ke yang lain Anda perlu “log off” atau keluar. Semua pengaturan akan disimpan di gateway dan dikhususkan untuk masing-masing.
Periksa apakah gateway sudah menyala. Jika tidak, periksa kabel apakah sudah terpasang dengan benar atau belum.
Pastikan gateway sudah tersambung dengan router rumah Anda dan router memiliki koneksi internet.
Selanjutnya, Anda perlu mengunduh aplikasi IKEA Home smart dari App Store atau Google Play dan ikuti panduan pada aplikasi untuk mengatur gateway Anda.
Ikuti instruksi pada aplikasi tentang cara mengatur gateway dan cara menghubungkannya dengan perangkat smartphone serta produk pintar.
Temukan kode QR di bagian belakang gateway dan scan menggunakan smartphone sesuai instruksi pada aplikasi. Jika kode QR tidak dapat di-scan, Anda dapat mengetik kode gateway secara manual. Anda akan menemukan kode gateway di bagian belakang gateway. Jika Anda masih mengalami kendala, periksa kembali semua kabel apakah sudah tersambung dengan benar lalu coba lagi.
Pastikan smartphone Anda sudah tersambung ke jaringan Wi-Fi; jaringan yang sama yang terhubung dengan gateway.
Jika Anda mengalami kendala, atur gateway sesuai panduan pada aplikasi. Anda dapat menyetel ulang produk ke pengaturan pabrik dan memasang ulang.
Pengaturan pabrik akan menghapus semua data yang tersimpan pada gateway dan membentuk jaringan Zigbee yang baru. Pengaturan pabrik juga berpengaruh pada gambar Over the Air (OTA) terbaru yang diperbarui sejauh ini, dan mengembalikannya ke pengaturan default. Dari sisi pengguna, menyetel ulang ke pengaturan pabrik hanya dapat dilakukan menggunakan pin yang ditusuk lubang reset. Sisa sistem dibiarkan utuh, artinya Anda dapat terus menggunakan perangkat lainnya pada sistem.