Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

10 ide desain kamar mandi unik dan kreatif

Setiap ruangan memiliki peranan yang sangat penting, termasuk kamar mandi. Meski seringkali menjadi ruang paling kecil di rumah, namun jika ditata dengan baik kamar mandi tidak hanya menjadi sekedar tempat membersihkan diri. Untuk Anda yang sedang ingin mengubah desain kamar mandi, berikut ini adalah beberapa ide desain kamar mandi unik yang dapat menginspirasi Anda.
10 ide desain kamar mandi unik kreatif

Kamar mandi unik dengan perabot bambu

Kamar mandi dengan perabot bambu
Kamar mandi kreatif dengan perabot bambu
Hadirkan keindahan bambu di kamar mandi unik Anda. Bambu adalah material alami yang berkelanjutan dan cocok digunakan sebagai perabot rumah termasuk perabot kamar mandi karena anti lembab. Meski anti lembab, Anda tetap perlu mengeringkan perabot bambu ketika terkena air agar tetap awet digunakan selama bertahun-tahun. Lemari rak, gantungan handuk, dan meja rak yang terbuat dari bambu akan menghadirkan suasana alam yang menenangkan di kamar mandi unik Anda. Selain itu perabot dengan material bambu juga tidak mudah tergores sehingga keindahannya dapat bertahan lama. 

Jika kamar mandi terlalu kecil untuk perabot besar seperti lemari rak, Anda dapat menggunakan aksesoris seperti tempat sikat gigi, kotak penyimpanan atau dispenser sabun yang terbuat dari bambu agar tetap menikmati suasana alami di kamar mandi.

Ciptakan kamar mandi unik tanpa harus melubangi dinding

kamar mandi tanpa harus melubangi dinding
Ciptakan kamar mandi tanpa harus melubangi dinding
Ingin merancang kamar mandi unik namun enggan membuat lubang pada dinding? Anda dapat memanfaatkan aksesoris dinding yang dilengkapi dengan plastik hisap sehingga Anda hanya perlu menempelkannya dengan kuat pada permukaan ubin atau kaca kamar mandi yang telah dibasahi sebelumnya. Aksesoris kamar mandi dinding ini mudah dipasang dan dilepas sehingga Anda dapat mengubah suasana kamar mandi kapan pun Anda inginkan. 

Di IKEA, ada berbagai macam pilihan aksesoris kamar mandi dengan plastik hisap, mulai dari gantungan handuk, tempat sikat gigi, tempat sabun hingga tempat tissue. Anda dapat menempatkan aksesoris ini di area yang dibutuhkan, misalnya tempat sabun dapat Anda tempatkan di dekat shower, atau tempat sikat gigi di area wastafel kamar mandi.

Cahaya alami menjadikan suasana kamar mandi jadi lebih menyegarkan

Cahaya menjadikan suasana kamar mandi jadi lebih menyegarkan
Cahaya alami menjadikan suasana kamar mandi jadi menyegarkan
Suasana kamar mandi yang terang membuat Anda merasa semakin segar di pagi hari, apalagi jika sumber penerangannya dari sinar matahari. Untuk itu kenapa tidak membuat jendela cukup besar di kamar mandi unik Anda. Jika Anda memiliki kamar mandi di lantai atas, Anda dapat menggunakan konsep desain skylight atau kaca atap untuk mendapatkan pencahayaan alami di kamar mandi. Tak hanya membuat suasana kamar mandi terasa lebih segar, desain skylight juga membantu Anda untuk menghemat energi. 

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan konsep jendela besar di kamar mandi namun tetap menginginkan pencahayaan alami, tambahkanlah tirai sehingga Anda dapat menikmati cahaya matahari yang diinginkan dan privasi yang dibutuhkan. Namun pastikan Anda tidak menggunakan tirai anti tembus cahaya agar sinar matahari dapat tetap masuk ke kamar mandi meski Anda menutup tirainya. 

Ide kamar mandi unik yang ramah anak

Ide kamar mandi unik ramah anak
kamar mandi unik yang ramah anak
Bagi orang tua tentu sangat memahami sulitnya mengajak anak-anak untuk membersihkan diri. Oleh karena itu sangatlah penting menciptakan kamar mandi unik yang menyenangkan untuk mereka. Perlengkapan mandi penuh warna dan memiliki bentuk menarik tentu membuat si kecil lebih bersemangat untuk belajar mandi dan menyikat gigi mereka sendiri. Ide menghadirkan ruang khusus untuk perlengkapan mandi si kecil dapat Anda coba. Pasang papan berlubang dan gantungkan tempat sabun atau tempat sikat gigi mereka. Hal ini untuk membangun ‘sense of belonging’ dan rasa tanggung jawab dalam diri si kecil.

Tak hanya dari segi desain, faktor keamanan juga perlu diperhatikan saat Anda ingin membuat kamar mandi yang nyaman untuk anak-anak. Misalnya Anda perlu menambahkan alas bathtub atau keset anti slip agar si kecil tidak tergelincir saat mandi. 

Tanaman hijau untuk nuansa alami di kamar mandi

Tanaman untuk nuansa alami di kamar mandi
Salah satu dekorasi yang dapat menjadi pelengkap di kamar mandi unik Anda adalah tanaman. Baik asli maupun tiruan, tanaman selalu menghadirkan kesan segar di suatu ruangan. Tempatkan tanaman dekat jendela kamar mandi menggunakan pot gantung, atau Anda dapat meletakkannya di atas lemari rak. Untuk Anda yang menggunakan tanaman asli, jangan lupa untuk menyiramnya agar tanaman selalu terlihat segar. 

Selain menambah keindahan, meletakkan tanaman asli di kamar mandi juga memiliki manfaat lainnya seperti meningkatkan kualitas udara, mengurangi bau tidak sedap, hingga mengatur kelembapan udara kamar mandi. Pilih tanaman favorit untuk meningkatkan semangat di pagi hari dan nikmati suasana kamar mandi yang lebih menyegarkan.

Memaksimalkan penggunaan ruang di kamar mandi sempit

maksimalkan penggunaan ruang di kamar mandi sempit
Memaksimalkan penggunaan ruang di kamar mandi kecil
Ruang terbatas tidak menjadi penghalang untuk merancang kamar mandi unik. Dengan perabot dan pengaturan yang tepat, Anda dapat menyiasati kamar mandi yang sempit agar tetap terasa nyaman. Salah satunya dengan menempatkan lemari rak di atas toilet untuk meletakkan handuk tangan, perlengkapan mandi, hingga dekorasi. 

Manfaatkan juga perabot penyimpanan yang dapat menghemat tempat seperti rak tinggi dengan bentuk ramping atau rak sudut yang sangat cocok untuk kamar mandi sempit. Maksimalkan penggunaan perabot penyimpanan di kamar mandi unik Anda. Gunakan sisipan di dalam laci atau kotak di rak Anda agar tidak ada ruang yang terbuang sia-sia dan setiap perlengkapan yang dibutuhkan dapat tertata dengan rapi. 

Wastafel ganda untuk kamar mandi super sibuk

Wastafel ganda kamar mandi super sibuk
Wastafel ganda untuk kamar mandi
Kamar mandi merupakan salah satu ruang tersibuk di pagi hari. Mandi, menyikat gigi hingga memakai produk perawatan wajah, semuanya kita lakukan di ruangan ini. Jadi kamar mandi unik Anda tidak hanya harus terlihat indah tapi juga efisien. Untuk mempercepat rutinitas pagi Anda dan keluarga, wastafel kamar mandi ganda dapat menjadi solusi yang sempurna. Dengan adanya wastafel ganda, Anda dapat mencuci wajah dengan tenang tanpa terganggu oleh si kecil yang ingin menyikat gigi - tidak ada lagi antrian, rutinitas pagi jadi lebih nyaman. 

Maksimalkan penggunaan wastafel ganda Anda dengan kabinet wastafel yang telah dilengkapi sisipan sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan sisir di pagi yang sibuk. Bersiap di pagi hari jadi lebih cepat, tentunya Anda dan keluarga punya waktu lebih untuk menikmati sarapan bersama.

Lebih mudah untuk ditemukan, lebih cantik untuk dilihat

mudah untuk ditemukan lebih cantik untuk dilihat
mudah ditemukan, lebih cantik untuk dilihat
Ide meletakkan lemari kaca di kamar mandi memang terdengar sedikit aneh. Namun kenapa tidak untuk mencobanya? Tidak hanya membuat kamar mandi unik Anda terlihat lebih indah, lemari kaca akan memudahkan Anda menemukan perlengkapan yang dibutuhkan. Selain perlengkapan mandi, Anda juga dapat menempatkan koleksi parfum favorit, koleksi makeup bahkan pajangan favorit untuk semakin mempercantik tampilan kamar mandi Anda. 

Untuk Anda yang ingin mencoba meletakkan lemari kaca di kamar mandi, pastikan lemari kaca yang digunakan tahan terhadap cipratan air atau uap panas dari shower. Namun agar lemari kaca dapat digunakan hingga bertahun-tahun, Anda perlu segera mengelap lemari saat terkena air. 

Sebuah sekat agar area wastafel selalu kering

sekat agar area wastafel selalu kering
Sebuah sekat agar area wastafel kering
Area wastafel yang basah memang sangat tidak nyaman, oleh karena itu kehadiran sekat sangat dibutuhkan di kamar mandi unik Anda. Anda dapat menggunakan tirai shower, namun cara ini tidak terlalu efektif karena cipratan air tetap akan merembes ke area wastafel melalui celah di bagian bawah tirai. Oleh karena itu membuat dinding pemisah antara area shower dan wastafel adalah cara terbaik untuk menjaga area wastafel tetap kering. 

Anda juga dapat membuat sekat pemisah menggunakan kaca sehingga kamar mandi unik Anda terlihat semakin cantik. Namun meski sudah membuat sekat pemisah, Anda tetap perlu menempatkan keset untuk mengeringkan kaki sebelum melangkah ke area wastafel.

Ketika kamar mandi dan ruang laundry jadi satu

kamar mandi dan ruang laundry menjadi satu
Ketika luas rumah terbatas, ide kamar mandi unik yang digabung dengan ruang laundry dapat Anda coba. Pengaturan perabot jadi hal penting agar ruangan tetap terlihat rapi. Gunakan aksesoris penyimpanan yang dapat menata perlengkapan mandi dan laundry agar tetap terlihat rapi. Anda dapat menggunakan rak dengan gantungan untuk pakaian Anda yang telah dicuci dan keranjang untuk meletakkan pakaian kotor. 

Jika Anda takut kamar mandi terlihat berantakan dan penuh, Anda dapat memasang pintu untuk menyembunyikan area laundry. Jadi ketika Anda sedang ingin menikmati waktu yang tenang di kamar mandi, Anda dapat menutup pintunya agar tidak teringat pada tumpukan cucian yang menunggu.


Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.

Dibuat oleh

Penulis: Anita