Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

15 peralatan dapur dan fungsinya untuk koki rumah

peralatan dapur dan fungsinya
Membuat sendiri menu favorit keluarga menjadi kesenangan tersendiri ketika berada di rumah, terutama jika Anda hobi memasak. Jadikan momen memasak di rumah jadi lebih efisien dan menyenangkan dengan peralatan dapur yang lengkap dan berkualitas. Untuk sang koki rumahan, berikut ini adalah daftar 15 peralatan dapur dan fungsinya yang dapat ditambahkan ke dalam dapur impian Anda.
 

Talenan

Talenan merupakan peralatan dapur yang selalu dipakai ketika memasak. Sebelumnya, talenan hanya dibutuhkan ketika Anda ingin memotong sayuran maupun daging, kini talenan – biasanya yang terbuat dari kayu – juga sering kali menjadi wadah untuk menyajikan makanan agar terlihat lebih cantik. Ukuran dan bahan talenan pun bermacam-macam tergantung kebutuhan Anda. Apa pun bahan yang digunakan, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan talenan agar makanan yang dibuat pun tetap sehat.
 

Wajan

Jika ingin membuat tumisan sayur atau makanan yang digoreng, maka wajan adalah peralatan dapur yang Anda butuhkan. Untuk wajan, sebaiknya gunakan bahan anti lengket untuk memudahkan Anda ketika memasak dan membersihkannya. Sebaiknya Anda memilih wajan dengan bahan aluminium karena ringan serta dapat menyebarkan panas secara merata agar makanan matang dengan lebih cepat. Selain memilih wajan berbahan aluminium, Anda juga dapat menggunakan wajan dengan penutup untuk mempercepat proses memasak.
 

Baki peralatan makan

Salah satu permasalahan di dapur adalah bagian dalam laci yang berantakan. Padahal laci dapat Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan, salah satunya untuk menyimpan peralatan makan. Buat peralatan makan Anda tertata rapi di dalam laci dengan baki peralatan makan. Dengan menggunakan baki peralatan makan Anda dapat memisahkan sendok, garpu, sumpit sehingga dapat lebih mudah ditemukan terutama jika Anda sedang terburu-buru. Kini tidak ada lagi laci dapur yang berantakan dan peralatan makan yang tiba-tiba ‘hilang’ ketika Anda membutuhkannya.
 

Alas panci

Sangat penting mengetahui berbagai peralatan dapur dan fungsinya agar dapat meminimalisir masalah yang terjadi di area memasak. Bagian bawah panci yang gosong cenderung menjadi salah satu masalah di dapur. Tidak hanya mengotori tapi juga menggores meja dapur Anda. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan alas panci. Selain melindungi meja dapur Anda, alas panci juga berguna jika Anda ingin menyajikan panci berisi makanan langsung di meja makan. Selain itu alas panci dengan motif dan warna-warna ceria dapat menjadi dekorasi dapur atau hiasan meja makan yang fungsional.
 

Timbangan

Dalam memasak, takaran bahan menjadi hal yang sangat penting, apalagi jika Anda ingin membuat roti atau kue. Jika salah menakar bahan dapat dipastikan roti atau kue Anda akan terasa kurang lezat atau bahkan tidak mengembang sempurna. Untuk memudahkan pekerjaan Anda, peralatan dapur seperti timbangan perlu ditambahkan ke area memasak. Sebaiknya gunakan timbangan digital agar Anda dapat memperoleh takaran yang tepat dalam waktu cepat sehingga kegiatan memasak jadi lebih efisien.
 

Pengering piring

Piring dan peralatan makan lainnya yang baru dicuci tidak dapat langsung disimpan di dalam kabinet karena akan menjadi lembab dan berjamur. Tempatkan pengering piring di samping wastafel agar peralatan makan yang baru dicuci tidak membasahi area dapur Anda. Selain untuk mengeringkan piring dan peralatan makan lainnya, peralatan dapur ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan piring, mangkuk, gelas jika Anda belum memiliki kabinet atau rak khusus untuk menyimpan peralatan makan.
 

Alat peniris

Pernahkah Anda menjatuhkan bahan makanan ketika sedang mencucinya? Alat peniris akan memudahkan Anda saat mencuci sayur dan buah serta mencegahnya agar tidak terjatuh ke wastafel. Tak hanya membantu Anda saat mencuci buah dan sayur, alat peniris juga memudahkan Anda ketika akan meniriskan pasta yang telah dimasak. Memastikan semua bahan makanan bersih artinya Anda menyajikan hidangan yang lebih sehat untuk keluarga.
 

Loyang

Jika hobi Anda adalah membuat aneka kue dan roti lezat, maka loyang adalah salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki. Ada banyak pilihan loyang yang dapat Anda pilih, mulai dari loyang berbentuk bulat untuk membuat kue bolu, loyang pie hingga loyang roti. Saat memilih loyang jangan lupa perhatikan material yang digunakan. Pilihlah loyang berbahan anti karat agar Anda dapat menggunakannya hingga bertahun-tahun.

Baca artikel lainnya: 6 cara peralatan modern dapat memaksimalkan dapur Anda
 

Penggiling adonan

Peralatan dapur lainnya yang wajib Anda miliki adalah penggiling adonan. Penggiling adonan digunakan ketika Anda ingin membuat pasta, mie, pizza atau kue. Ada beragam pilihan material penggiling adonan, mulai dari penggiling adonan dengan material kayu, stainless steel, marmer atau silikon. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti penggiling adonan kayu kelebihannya adalah ringan ketika digunakan namun adonan sering lengket pada permukaan penggiling. Atau penggiling adonan stainless steel yang awet namun cukup berat untuk digunakan.
 

Panci

Ingin membuat sup ayam lezat atau saus bolognese untuk pasta Anda? Panci adalah peralatan dapur yang dibutuhkan. Gunakan panci berbahan baja anti karat agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama serta dapat menghantarkan panas secara lebih merata. Agar makanan dapat lebih cepat matang, Anda dapat menggunakan panci dengan penutup. Ada banyak pilihan ukuran panci yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.
 
 

Troli

Ketika luas dapur terbatas, Anda memerlukan peralatan dapur yang fleksibel dan multifungsi seperti troli ini. Tidak hanya dapat berperan sebagai penyimpanan tambahan di dapur, troli juga dapat dimanfaatkan untuk menyajikan kudapan atau minuman untuk tamu yang datang. Anda dapat meletakkan segala peralatan dapur di troli jika kabinet atau lemari dapur Anda penuh. Selain di dapur Anda juga dapat memanfaatkan troli untuk menyimpan beragam kebutuhan di ruang lainnya.
 
 

Sisipan rak

Tidak ada ruang lagi untuk koleksi piring dan mangkuk Anda? Sisipan rak dapat menjadi solusi ketika Anda merasa luas lemari rak atau kabinet Anda tidak sebanding dengan jumlah piring dan gelas. Dengan meletakkan sisipan rak, Anda dapat memiliki ruang tambahan untuk menyimpan gelas, mangkuk, atau toples serta memaksimalkan penggunaan ruang di dalam kabinet dan lemari rak Anda.
 

Aneka stoples

Membuat olahan selai ataupun asinan rumahan dapat menjadi hobi yang menyenangkan. Anda dapat mencampur bahan-bahan yang diinginkan dan kemudian menyimpannya di dalam stoples. Pastikan stoples yang Anda beli memiliki penutup yang kedap udara untuk menjaga aroma dan cita rasa makanan yang disimpan. Tak hanya menjadi wadah selai atau bumbu, stoples dengan bentuk yang cantik juga dapat menjadi wadah aneka kue untuk disuguhkan di ruang keluarga.
 

Pisau dapur

Apa pun menu yang ingin Anda sajikan hari ini, pisau dapur selalu memiliki peranan penting mulai dari mengiris sayur, memotong daging hingga mengupas buah. Ukuran pisau dapur pun bermacam-macam tergantung kebutuhan Anda. Untuk memotong daging, Anda memerlukan pisau dapur berukuran besar agar lebih mudah memotong daging yang tebal. Sedangkan untuk mengupas buah atau mengiris sayur Anda dapat memilih pisau dapur berukuran lebih kecil. Gunakan baki pisau agar pisau-pisau Anda dapat tertata rapi dan lebih mudah ditemukan.
 

Spatula

Spatula menjadi peralatan dapur yang Anda butuhkan ketika ingin menggoreng atau pun menumis. Oleh karena itu peralatan satu ini perlu ditempatkan di area yang mudah terlihat sehingga memudahkan Anda mengambilnya ketika diperlukan. Spatula hadir dalam berbagai material, mulai dari spatula berbahan kayu, baja anti karat, hingga plastik. Masing-masing spatula memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya spatula baja meski lebih awet dibanding spatula kayu dan plastik, namun spatula ini dapat menggores lapisan wajan Anda.
Setelah mengetahui beberapa peralatan dapur dan fungsinya, saatnya Anda mulai membeli segala keperluan untuk memaksimalkan fungsi dapur Anda. Jika Anda ingin merancang dapur baru, kami menyediakan semua perabot dan aksesoris dapur yang sesuai dengan gaya dan rutinitas memasak Anda. Dan jika ada beberapa bagian yang terasa sulit, ahli dapur kami dapat membantu Anda.
 
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Anita