Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Desain kitchen set minimalis 2020

Minimalist kitchen set design
Dapur adalah salah satu area yang sangat penting untuk rumah Anda. Sekarang ini, dapur tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk memasak, namun juga menjadi pusat berbagai kegiatan lainnya, seperti makan, hingga menjamu tamu yang berkunjung ke rumah. Lalu bagaimana dengan Anda yang memiliki ukuran ruang dapur yang terbatas namun tetap ingin memfungsikannya kitchen set semaksimal mungkin?

Berikut ini adalah beberapa desain kitchen set minimalis yang dapat menjadi inspirasi dan dapat Anda sesuaikan untuk rumah Anda: 
 

1. Kitchen set minimalis bentuk huruf I/single line/straight

Bila Anda memiliki rumah dengan area dapur yang berukuran sangat terbatas, desain kitchen set minimalis dengan model single line/straight ini sangat tepat diaplikasikan untuk dapur Anda. Model ini biasa diterapkan dalam rumah minimalis dengan ukuran kecil atau juga pada apartemen dengan ukuran ruang dapur sekitar 2.5m x 2.5m. Bentuk kitchen set minimalis yang mengikuti panjang ruang membuat dapur ini terasa sangat menghemat tempat, dan fleksibel untuk diterapkan pada berbagai bentuk ruang.
Agar semua fungsi dapur yang Anda butuhkan terpenuhi, Anda bisa memilih untuk menempatkan kitchen set pada sisi ruang yang lebih panjang. Namun, ukuran ruang yang terbatas akan membuat aktivitas di kitchen set Anda juga terbatas. Anda tidak dapat menggunakan peralatan memasak yang terlalu kompleks karena terbatasnya ruang untuk penyimpanan, namun Anda dapat mencermatinya dengan memanfaatkan area backsplash pada dinding untuk menggantung peralatan dapur. Peralatan-peralatan tersebut dapat ditempatkan di backsplash dengan menambahkan strip magnet ataupun menempelkan gantungan untuk aksesoris dapur. Anda akan dapat memasak dengan lebih leluasa karena area servis dapat digunakan secara maksimal tanpa ada peralatan yang berserakan tidak pada tempatnya.
 

2. Kitchen set minimalis bentuk paralel/double line

Desain kitchen set minimalis berbentuk double line/parallel memiliki 2 kabinet yang berseberangan. Bentuk ini cocok untuk diterapkan bila Anda memiliki ruang yang melorong, misalnya memiliki jendela atau pintu di ujung lorong ruangan. Jika Anda ingin menerapkan desain kitchen set minimalis dengan bentuk ini, pastikan bahwa ruang gerak diantara 2 kabinet harus sesuai dengan ukuran ergonomis yang tepat. Jangan sampai terlalu sempit sehingga akan mengganggu aktivitas keseharian Anda di dapur nantinya.
    
Ruang yang terbatas perlu cermati dengan baik. Sama seperti kitchen set dengan model single line, manfaatkan area dinding backsplash dan dinding pada kabinet yang ada sebagai tempat penyimpanan tambahan. Peralatan memasak, bahan masakan dan bumbu kering yang sering Anda gunakan dapat diletakkan di penyimpanan dinding agar lebih mudah dijangkau ketika akan digunakan. 
 

3. Kitchen set minimalis bentuk huruf L

Desain kitchen set minimalis ini menggunakan bentuk huruf L. Bentuk dapur ini memanfaatkan bagian sudut ruang di rumah Anda. Model ini adalah yang paling umum dan favorit digunakan karena dianggap paling fungsional dan dengan biaya yang relatif tidak terlalu besar pula. Bagi Anda yang menyukai aktivitas memasak yang agak kompleks, akan sangat tepat menggunakan desain kitchen set minimalis dengan bentuk huruf L ini karena dapat memudahkan alur kegiatan sehingga Anda dapat melakukan aktivitas memasak dengan bebas.
Selain itu, desain kitchen set minimalis model ini relatif lebih nyaman untuk diaplikasikan pada ruang dapur berukuran sempit. Anda juga dapat menerapkan ‘pola segitiga’ ergonomis pada kitchen set dengan model huruf L ini agar Anda dapat bergerak dengan lebih dinamis. Model dapur seperti ini memiliki tempat penyimpanan yang cukup besar. Letakkan kulkas disebelah kabinet agar dekat dengan area makan dan mudah untuk dijangkau setiap saat.
 

4. Kitchen set minimalis bentuk huruf U

Kitchen set minimalis dengan bentuk huruf U ini adalah perpaduan antara bentuk huruf L dengan kitchen set berbentuk two lines. Bentuk dapur seperti ini dapat memberi ruang gerak yang nyaman karena ukurannya yang besar. Area servis untuk mempersiapkan makanan juga luas. Sangat cocok apabila Anda memiliki area dapur berukuran agak besar. Desain kitchen set ini dapat mengakomodasi ruang lebih untuk menyimpan berbagai peralatan dapur dan memudahkan akses ke peralatan Anda saat proses memasak. Dapur model ini sangat tepat untuk Anda yang memang gemar memasak. Dengan desain model ini, Anda juga dapat menciptakan tampilan kitchen set minimalis yang terlihat rapi dan bersih karena semua perlengkapan memasak, perlengkapan makan, bahan makanan kering dan bumbu dapur memiliki tempat penyimpanannya masing-masing secara tertutup di dalam kabinet. 
 

5. Kitchen set minimalis bentuk huruf G

Bagi Anda yang memiliki area dapur yang cukup luas, coba aplikasikan kitchen set minimalis dengan bentuk huruf G ini. Desain kitchen set minimalis berbentuk huruf G memiliki bentuk yang menyerupai model kitchen set huruf U, namun dengan ukuran yang lebih besar. Dapur dengan bentuk ini tampak fungsional karena memiliki area menyiapkan makanan yang berukuran lebih luas dan juga tempat penyimpanan peralatan memasak, bahan-bahan masakan, bumbu-bumbu dapur yang lebih banyak. Anda akan sangat leluasa untuk melakukan berbagai aktivitas memasak yang kompleks.

Baca artikel lainnya: Kunjungan ke rumah: 3 tips pengaturan dapur kreatif
 
 

6. Kitchen set minimalis bentuk island

Desain kitchen set yang satu ini menggunakan kitchen set minimalis dengan bentuk island, atau yang biasa disebut dengan kitchen island. Model ini cukup diminati banyak orang karena meja island yang terletak di tengah ruangan dapat menjadi fokus utama berbagai kegiatan di dapur, seperti menyiapkan bahan-bahan makanan untuk dimasak, memasak, dan bahkan dapat pula ditambahkan area makan berbentuk meja bar. Sangat sempurna dari segi tampilan dan juga secara fungsi.
Untuk menciptakan desain kitchen set seperti ini, Anda membutuhkan ukuran ruangan yang agak luas karena perlu tempat penyimpanan yang lebih. Namun bila ruang yang Anda miliki terbatas, jangan cemas karena Anda tetap dapat menerapkan desain kitchen set minimalis model ini dengan mengaturnya secara cermat.
Walaupun penerapan desain kitchen set minimalis dengan tipe kitchen island ini membutuhkan ruang yang relatif luas, namun Anda dapat mewujudkannya dengan memanfaatkan area dapur dengan sangat efisien. Pusatkan kegiatan utama seperti mencuci dan memasak pada bagian island di tengah ruangan. Area permukaan kabinet dapat digunakan sebagai tempat menyiapkan masakan, menyimpan bahan makanan dan bumbu dapur. 

Anda juga dapat meletakkan sebagian peralatan memasak dan peralatan makan yang sering digunakkan, seperti piring, mangkok, sendok, dan garpu. Selebihnya, Anda dapat menciptakan tempat penyimpanan lainnya di area tembok di seberang kitchen island dengan menggunakan rak-rak dinding terbuka untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan yang lebih cocok untuk disimpan dalam tempat yang kering, seperti kopi, teh, tepung, mie kering, roti, dan bumbu dapur. Penggunaan rak dinding terbuka akan memudahkan Anda untuk mengambil berbagai benda yang Anda butuhkan dengan cepat.

Ukuran area dapur yang terbatas tidak menjadi halangan untuk menghadirkan kitchen set minimalis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan kreativitas yang cermat, Anda tetap dapat memaksimalkan fungsi dari dapur Anda.
 
 
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Ayu Nindyakirana