Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Ide dekorasi kamar tidur anak

Ide dekorasi kamar tidur anak
Masa kanak-kanak merupakan masa yang paling berharga, jadi pastikan anak Anda mendapatkan kenangan termanis dalam hidup mereka dengan menciptakan sebuah kamar tidur yang benar-benar sesuai dengan karakter si kecil. Menata desain kamar tidur anak membutuhkan banyak sekali pertimbangan dan harus memiliki solusi tepat untuk melengkapi semua kebutuhannya. Berikut ini adalah beberapa ide desain kamar tidur anak yang dapat membantu Anda mewujudkan impian kecil mereka:

1. Kamar tidur anak untuk membangkitkan daya imajinasi

Kamar tidur anak untuk membangkitkan daya imajinasi
Ciptakan nuansa kamar tidur anak yang menyenangkan untuk si kecil dengan memberi tema-tema unik yang penuh keceriaan. Gunakan warna putih yang netral sebagai warna utama di kamar, lalu berkreasilah dengan menambahkan beberapa gambar grafik di dinding yang playful dan padukan dengan motif-motif berani yang berwarna-warni. Bantu anak Anda mengembangkan daya imajinasinya dan biarkan mengalir bebas tanpa batas.
 

2. Kamar tidur anak yang ceria penuh warna

Kamar tidur anak yang ceria penuh warna
Penggunaan warna berperan sangat penting untuk membantu tumbuh kembang anak. Warna dapat memberi stimulasi untuk berimajinasi dan berkreasi, sekaligus dapat mempengaruhi mood anak Anda. Ciptakan ruangan penuh warna yang segar untuk berkreativitas dan bermain. Dengan menggunakan kombinasi warna cerah, suasana kamar tidur si kecil akan terasa ceria dan menyenangkan. Anak Anda pasti akan betah beristirahat dan bermain seharian di kamar tidurnya.
 

3. Kamar tidur anak dengan sentuhan seni

Kamar tidur anak dengan sentuhan seni
Kamar tidur anak berseni
Kreasikan kamar tidur anak Anda dengan memberi sentuhan seni yang artistik pada bagian dindingnya. Dengan menggunakan cat dinding berwarna netral, coba berkreasilah dengan membuat DIY (Do-It-Yourself) project. Anda dapat menambahkan pola-pola sederhana atau bahkan membuat sebuah mural dengan motif besar yang sekaligus dapat menjadi aksentuasi unik dan tidak biasa untuk kamar anak Anda.
 

4. Kamar tidur anak untuk tumbuh besar bersama

Kamar tidur anak untuk tumbuh besar bersama
Berbagi kamar tidur untuk anak kembar dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri. Cara terbaik adalah dengan membagi ruangan menjadi dua bagian yang sama besar dan isi dengan perabot yang berjenis dan berwarna sama. Gunakan tirai dan karpet yang senada dengan pilihan wallpaper agar kamar tidur anak Anda tampak selaras. Untuk tampilan yang lebih unik, Anda bisa menggunakan perlengkapan tidur dengan motif dan warna yang berbeda untuk tiap anak. Dengan berbagi kamar tidur bersama, kedua anak Anda tumbuh besar bersama.
 

5. Kamar tidur untuk saling berbagi

 Kamar tidur untuk saling berbagi
Berbagi kamar tidur berarti menyatukan dua karakter berbeda dalam 1 ruangan dan bukanlah merupakan hal yang mudah, terutama jika anak-anak Anda memiliki perbedaan umur yang cukup jauh. Banyak kebutuhan berbeda yang harus diaplikasikan dengan cermat ke dalam kamar tidur agar kepentingan masing-masing anak dapat terpenuhi dengan semestinya.
      
Anda dapat mendesain kamar tidur anak Anda dengan 2 tema yang berbeda, namun pastikan agar secara keseluruhan tetap tampak selaras dan juga nyaman.

Ciptakan area bersama di bagian tengah ruangan untuk bermain dan berkreasi yang sekaligus dapat mengajarkan anak-anak untuk belajar saling menghargai dan berkompromi. Mereka juga dapat belajar untuk lebih disiplin dengan cara merapikan kembali semua barang pada tempatnya.  
 
Kamar tidur untuk berbagi
Dengan berbagi kamar, Anda juga harus memberikan area pribadi untuk tiap anak. Tak peduli seberapa kecil ruangan mereka, pastikan tiap anak memiliki areanya sendiri. Biarkan mereka bebas berekspresi dengan menampilkan kepribadiannya. Dengan memberikan area personal untuk masing-masing anak, mereka dapat mengatur dan menghiasnya sesuai dengan hal kesukaan dan hobinya sendiri. Anak Anda juga dapat belajar untuk menghormati privasi masing-masing dan merasa memiliki kamar sendiri.
 

6. Kamar tidur anak dengan ranjang tingkat yang multifungsi

Kamar tidur anak dengan ranjang tingkat yang multifungsi
Bila kamar tidur anak Anda memiliki luas ruangan yang terbatas, menggunakan tempat tidur tingkat adalah sebuah solusi yang tepat. Tantangan dalam menata kamar tidur anak berukuran kecil bukan hanya untuk dapat memaksimalkan ruang yang terbatas saja, namun juga bagaimana cara menjaga agar ruangan tetap tampak rapi. Oleh karena itu, diperlukan beberapa tempat penyimpanan tambahan agar tak ada barang berserakan tidak pada tempat yang seharusnya.

Dengan menggunakan perabot yang multifungsi, seperti tempat tidur tingkat yang memiliki lemari built-in, dapat membantu untuk menambah ruang untuk penyimpanan. Keuntungan lain dengan memiliki tempat tidur tingkat yang compact dan multifungsi adalah dapat sekaligus dijadikan sebagai meja belajar. Meja belajar ditempatkan di salah satu sisi tempat tidur tingkat dan di sisi lainnya terdapat rak untuk menyimpan buku dan koleksi favorit sang anak.  

Berikut ini adalah beberapa area di kamar anak yang sebaiknya dimiliki untuk membantu mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas si kecil:
 

1. Area untuk memajang koleksi mainan

Area untuk memajang koleksi mainan
Biarkan kamar anak Anda merefleksikan kepribadian mereka yang menyenangkan. Untuk memastikan si kecil dapat bersenang-senang dengan maksimal di kamar mereka, ciptakan sebuah area bermain. Aturlah penyimpanan di bagian dinding dengan menambahkan beberapa rak dengan gaya unik untuk memajang berbagai koleksi mainan anak sekaligus dapat dijadikan sebagai elemen dekorasi ruangan. Jadikan area bermain di kamar anak Anda sebagai sarana edukasi yang penuh keseruan.
 

2. Area untuk menggambar di dinding dan penyimpanan koleksi mainan

Area untuk menggambar di dinding dan penyimpanan koleksi mainan
Area untuk menggambar di dinding
Ciptakan sebuah area bermain yang kreatif di kamar anak Anda untuk mengekspresikan diri dengan menggunakan cat dinding berwarna hitam. Anak Anda dapat menggambar dengan kapur dan mengembangkan daya imajinasinya. Tempatkan pula penyimpanan dengan ketinggian yang sesuai dengan jangkauan anak Anda untuk menyimpan berbagai barang dan koleksi mainannya. Anda sekaligus dapat mengajarkan anak untuk mengorganisir dan mengembalikan semua mainan anak pada tempatnya. Dengan menggunakan rak dinding dan unit penyimpanan yang diberi label sesuai dengan jenis mainannya, membereskan mainan akan terasa jauh lebih cepat dan mudah. Cara ini merupakan cara yang menyenangkan untuk menghindari lantai kamar yang beratakan.
 

3. Area untuk membuat prakarya dan memajang karya seni

Area untuk membuat prakarya dan memajang karya seni
Area untuk membuat prakarya
Dukung bakat seni anak Anda dengan menciptakan area khusus untuk bermain dan belajar, lengkap dengan meja dan kursi untuk si kecil mengembangkan kreativitas artistiknya. Segala perlengkapan art & craft dapat disimpan di unit penyimpanan yang terletak di dekat meja untuk memudahkan mengambil dan menyimpan kembali. Buat dinding karya seni yang berisi koleksi dari hasil prakarya yang si kecil kreasikan. Ada yang diberi bingkai ataupun hanya sekadar di tempel di dinding. Dinding ini akan terlihat unik dan dapat memotivasi si kecil untuk membuat karya seni lebih banyak lagi.
 

4. Area untuk belajar dan menggambar

Area untuk belajar dan menggambar
 Area untuk belajar menggambar
Kamar tidur si kecil tak hanya berfungsi untuk beristirahat, namun juga untuk belajar dan melakukan berbagai aktivitas favoritnya, seperti melukis. Ciptakan sebuah kamar yang nyaman dimana anak Anda dapat menghidupkan kreativitas dan menggembangkan daya imajinasinya yang hebat. 

Tambahkan kursi dan meja belajar multifungsi dengan adanya tempat penyimpanan di bawah meja. Si kecil dapat menyimpan perlengkapan tulis, kertas, dan bahkan mainan anak tetap dalam jangkauan – dan dapat dirapikan dalam sekejap. 

Hadirkan papan lukis untuk si pelukis kecil agar ia dapat terus mengasah ketrampilan artistiknya. Siapkan pula solusi penyimpanan yang mudah dijangkau agar anak Anda dapat menata sendiri semua perlengkapan melukisnya.
 

5. Area untuk bersantai

Area untuk bersantai
Area bersantai
Ciptakan sudut untuk bersantai di kamar anak Anda. Coba kreasikan sebuah area duduk multifungsi yang efisien dengan memfungsikan unit penyimpanan dan menambahkan dudukan serta bantal-bantal di bagian atasnya agar terasa empuk dan nyaman. Lengkapi bagian dindingnya dengan rak penyimpanan dan lampu untuk memudahkan aktivitas si kecil. 
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Ayu Nindyakirana