Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Inilah desain lemari pakaian untuk kamar sempit

lihat desain lemari pakaian untuk kamar kecil
Kamar tidur seringkali menjadi ruangan terfavorit bagi banyak orang karena di tempat tersebut Anda dapat melepaskan lelah dan bersantai setelah melakukan kesibukan dan aktivitas seharian di luar rumah. Namun kamar tidur dengan ukuran terbatas dapat menimbulkan masalah jika Anda tidak cermat dalam menatanya. Pemilihan ukuran dan desain lemari pakaian harus sesuai dengan ukuran ruang tidur yang Anda miliki, namun tetap berfungsi dengan baik sebagai tempat penyimpanan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih lemari di kamar tidur yang sesuai untuk ruangan yang berukuran terbatas:

1. Sesuaikan ukuran lemari pakaian dengan ukuran kamar tidur

Sesuaikan ukuran lemari pakaian dengan ukuran kamar
Dengan memiliki ukuran kamar tidur yang terbatas, pilihan ukuran lemari harus benar-benar Anda sesuaikan. Dengan pemilihan yang tepat, ruang Anda akan tetap terlihat luas dan terasa nyaman. Lemari dengan gaya minimalis, desain sederhana dan ringkas akan terlihat sangat tepat untuk ruangan mungil Anda. Namun Anda harus tetap memaksimalkan fungsinya sebagai tempat penyimpanan dengan baik.

2. Sesuaikan pilihan lemari pakaian dengan jumlah penghuni kamar

sesuaikan dengan jumlah penghuni kamar
Memilih lemari pakaian yang tepat untuk ruang tidur berukuran sempit juga harus disesuaikan dengan jumlah penghuni kamar. Bila Anda tinggal sendiri, Anda cukup membeli lemari berukuran kecil yang ringkas. Bila Anda memiliki banyak barang, pilih lemari dengan banyak sekat untuk memuat berbagai barang Anda. Kotak penyimpanan juga dapat Anda tambahkan dalam lemari pakaian Anda. 

Untuk kamar tidur yang ditempati oleh 2 orang atau lebih membutuhkan ukuran lemari yang lebih besar, banyak sekat dan juga pintu yang terpisah. Dengan adanya sekat yang juga berguna sebagai pembatas, akan memudahkan Anda dalam mencari pakaian atau barang dan tidak tercampur dengan milik orang lain. Pilih lemari dengan banyak sekat dan laci sesuai dengan fungsinya agar semua barang memiliki tempatnya masing-masing.    

3.    Sesuaikan model desain lemari pakaian dengan desain keseluruhan ruang tidur

Sesuaikan model desain lemari pakaian dengan desain ruang tidur
Model desain lemari pakaian minimalis adalah pilihan tepat untuk ruangan berukuran kecil. Desain yang sederhana akan memberikan kesan kamar tidur Anda tampak lebih luas. Pilih lemari pakaian yang ramping dan tinggi, dan maksimalkan pula ketinggian ruangan untuk penyimpanan lebih. Dengan begini, Anda dapat menghemat ruang tanpa mengurangi kapasitas penyimpanan. Jangan menggunakan lemari pakaian berukuran lebar agar ruangan sempit Anda tidak terasa penuh sesak.

4. Manfaatkan ketinggian dinding kamar untuk memaksimalkan fungsi lemari pakaian

gunakan ketinggian dinding kamar untuk memaksimalkan fungsi lemari baju
gunakan ketinggian dinding kamar untuk memaksimalkan fungsi lemari pakaian
Ketinggian dinding di kamar tidur Anda harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin agar dapat menciptakan ruang penyimpanan yang efisien. Kombinasikan berbagai tipe lemari, rak, lalu klasifikasikan dan sesuaikan dengan berbagai jenis barang yang Anda miliki. Atur agar semua barang Anda memiliki tempat penyimpanan yang didedikasikan khusus, seperti gantungan untuk kemeja dan jas, laci untuk aksesoris berukuran kecil, dan lainnya.

5. Sesuaikan lemari pakaian dengan bentuk dinding kamar tidur

lemari baju dengan bentuk dinding kamar tidur
lemari pakaian dengan bentuk dinding kamar tidur
Bagi Anda yang memiliki kamar tidur di area loteng, Anda tak perlu khawatir. Anda tetap dapat menjadikan ruangan Anda senyaman mungkin. Anda bisa memilih lemari pakaian modular yang dapat Anda sesuaikan dengan bentuk dinding di loteng. Sesuaikan pula lemari pakaian dengan berbagai kebutuhan Anda agar tetap berfungsi secara maksimal.

6. Lemari pakaian dengan warna terang dapat memberi efek kamar tidur yang lebih luas 

Lemari pakaian dengan warna terang dapat memberi efek kamar tidur yang lebih luas
Dengan memiliki kamar tidur berukuran terbatas, pemilihan warna lemari pakaian yang tepat dapat mempengaruhi tampilan keseluruhan ruangan Anda. Warna terang dapat membuat Anda melihat lebih jelas karena dalam ruangan kecil, pandangan mata akan terbatas. 

Untuk menentukan warna lemari pakaian di kamar sempit, Anda dapat memilih dengan menyesuaikan warna tema atau dekorasi di kamar. Pilih warna-warna netral seperti putih, abu-abu muda, krem, atau warna yang mengandung unsur natural seperti warna kayu muda. Warna lemari natural sangat mudah dipadukan dengan perabot serta aksesoris di kamar lainnya. Lemari pakaian yang berwarna gelap akan menimbulkan kesan ruangan penuh dan terlihat sempit.

7. Pilihlah lemari pakaian dari material yang kuat

Pilih lemari pakaian dari material yang kuat
Untuk memilih lemari pakaian di kamar berukuran terbatas adalah Anda harus lebih cermat dan selektif dalam memilih materialnya. Terdapat berbagai pilihan bahan untuk lemari pakaian, yaitu bahan kayu, plastik, particle board, dan bahkan yang terbuat dari bahan kain. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Lemari pakaian untuk kamar kecil sebaiknya menggunakan bahan kayu. Selain terlihat natural, bahan kayu juga lebih kuat dan kokoh. Bahan kayu juga awet dan tahan terhadap perubahan cuaca sehingga tidak mudah lapuk. Bila Anda memilih lemari pakaian berbahan kayu, gunakan warna kayu muda agar ruang tidur Anda terlihat lebih lapang. 


Setelah melakukan tips diatas, pemilihan pintu lemari juga dapat memberikan efek tersendiri bagi ruangan Anda. Dengan pintu yang tepat, kamar tidur Anda dapat terlihat lebih luas. 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih pintu lemari pakaian di kamar tidur untuk ruangan yang berukuran terbatas:
 

1. Pintu lemari pakaian sliding

Pintu lemari pakaian sliding
Tips untuk memilih lemari pakaian di kamar tidur berukuran kecil adalah dengan menggunakan pintu geser. Berbeda dengan lemari pakaian dengan pintu berengsel yang membutuhkan ruang lebih di sebelah kanan dan kiri lemari agar pintunya dapat dibuka. Dengan menggunakan lemari pakaian sliding atau geser, ruangan sempit Anda akan tetap terasa lega. Selain desain yang minimalis dan sederhana, pintu geser dapat memberi kesan elegan, namun tetap fungsional karena dapat menghemat ruang.    

2. Lemari pakaian built-in

Lemari baju built-in
Lemari pakaian built-in
Bagi Anda yang yang memiliki ruang kosong pada dinding, desain lemari pakaian built-in sangat tepat untuk kamar tidur kecil Anda karena lemari ini dibuat dengan memberikan dimensi ruang pada dinding. Kamar tidur Anda akan tampak rapi dan lebih lapang karena lemari pakaian terlihat menyatu karena tertanam di dinding.

3. Pintu lemari pakaian dengan cermin

Pintu lemari pakaian dengan cermin
Cermin dapat memberikan ilusi mata untuk membuat ruang tidur mungil Anda tampak lebih luas. Untuk menyiasati ruangan dengan besar yg terbatas, pintu lemari pakaian yang menggunakan cermin dapat Anda gunakan. Anda juga tak membutuhkan tempat lain untuk meletakkan cermin dan tempat rias karena sudah built-in dengan lemari pakaian Anda. Sangat ringkas dan praktis. 

4. Pintu lemari pakaian dengan pintu kaca

Pintu lemari pakaian dengan penutup kaca
Keuntungan lemari pakaian yang menggunakan pintu kaca adalah Anda dapat melihat semua barang Anda yang tersimpan di dalam lemari tanpa harus membuka pintunya terlebih dahulu. Dengan memiliki pintu kaca, barang-barang Anda akan terbebas dari debu dan kotoran. Pintu kaca juga dapat membuat kamar Anda yang sempit terlihat lebih lega karena tampak terbuka.

5. Lemari pakaian tanpa pintu

Lemari pakaian tanpa pintu
Lemari baju tanpa pintu
Sekarang ini, lemari pakaian tanpa pintu dan baju-baju yang tergantung rapi di dalamnya sedang menjadi trend terutama di kalangan anak muda. Lemari pakaian seperti ini dapat Anda gunakan untuk menyiasati ukuran ruang tidur Anda yang luasannya terbatas agar terasa lebih luas. Keuntungan menggunakan lemari pakaian tanpa pintu, Anda jadi termotivasi untuk selalu menata isi lemari dengan rapi agar terlihat enak dipandang. 

6. Lemari pakaian dengan tirai

Lemari baju dengan tirai
Lemari pakaian dengan tirai
Bila Anda ingin memiliki lemari pakaian tanpa pintu namun takut barang-barang Anda terkena debu, kotoran atau Anda bukan tipe orang yang selalu menata koleksi pakaian Anda dengan rapi, coba gunakan tirai. Tirai dapat menjadi alternatif yang kreatif dan juga jauh lebih murah daripada membeli pintu lemari. Anda bisa berkreasi dengan memilih motif tirai yang Anda sukai dan sekaligus menjadikannya aksen untuk kamar Anda sehingga terasa lebih hidup, atau bila Anda lebih menyukai tirai polos, kamar tidur Anda akan terlihat rapi, modern dan minimalis. 

7. Lemari pakaian menggunakan rak dan gantungan baju 

Lemari pakaian menggunakan rak dan gantungan baju
Bila Anda memiliki budget terbatas, coba berkreasi menggunakan rak dan gantungan baju yang harganya mungkin relatif jauh lebih murah daripada Anda membeli lemari pakaian. Untuk membuat desain ‘lemari’ seperti ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu membeli rak, tempat gantungan baju, dan kotak-kotak penyimpanan. Menggunakan rak terbuka juga dapat menghindari kesan kamar yang penuh sesak. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki kamar berukuran kecil. Tampilan dari pakaian yang menggantung dengan teratur juga sekaligus dapat menjadi elemen dekorasi untuk kamar tidur Anda. 
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.

Dibuat oleh

Penulis: Ayu Nindyakirana