Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Tips Memilih 5 jenis ukuran kasur yang perlu Anda tahu sebelum membelinya

5 jenis ukuran kasur
Setelah lelah beraktivitas, tidur adalah momen yang paling ditunggu ketika malam tiba. Untuk menikmati tidur yang berkualitas, tentunya Anda perlu memiliki kasur yang berkualitas juga. Selain perlu paham mengenai jenis-jenis kasur (pegas, memory foam, busa, latex), Anda juga harus mengetahui ukuran kasur agar dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Perlu Anda ketahui bahwa standar ukuran kasur tempat tidur di beberapa negara berbeda-beda. Misalnya saja ukuran kasur paling besar (super king size) di negara Inggris adalah 180 cm x 200 cm, sedangkan untuk negara Australia kasur paling besar berukuran 204 cm x 204 cm. 

Di Indonesia sendiri setidaknya ada 5 standar ukuran kasur yang biasa digunakan, mulai yang paling kecil (single size) hingga ukuran kasur paling besar (super king size). Yuk pahami setiap ukuran kasur serta cari tahu kasur mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Ukuran kasur single

Ukuran kasur single
Kasur single adalah ukuran kasur paling kecil dan setiap negara memiliki standar ukurannya masing-masing. Kasur single di Indonesia memiliki ukuran 90 cm x 200 cm, ukuran ini sama dengan ukuran kasur single di negara Eropa Utara, seperti Swedia, Denmark, dan Norwegia. Sesuai dengan namanya, kasur single digunakan hanya untuk satu orang. Kasur single cocok untuk Anda yang tinggal sendiri dan memiliki kamar dengan luas terbatas, seperti di apartemen. Selain itu, jika Anda sedang mencari ukuran tempat tidur untuk anak-anak yang mulai beranjak dewasa, kasur single ini adalah pilihan yang tepat. 

Kelebihan dari kasur ukuran single adalah dapat digunakan pada berbagai jenis rangka tempat tidur, seperti tempat tidur tingkat, tempat tidur tumpuk, atau dipan. Namun karena ukurannya yang sangat minimalis, kasur ini kurang nyaman digunakan jika Anda memiliki bobot tubuh berlebih atau memiliki kebiasaan tidur yang terlalu aktif. 

Ukuran kasur double

Ukuran kasur double
Jika Anda merasa kasur single terlalu kecil, maka ukuran kasur double dapat menjadi solusinya. Meski bernama double, namun kasur ini juga hanya untuk satu orang dewasa. Kasur double memiliki ukuran sedikit lebih lebar dibanding kasur single, yakni 120 cm x 200 cm. Kasur ukuran double biasa digunakan di tempat penginapan dan dikenal dengan istilah twin bed. Untuk Anda yang tinggal sendiri dan memiliki kamar yang kurang luas namun ingin tidur lebih bebas, maka ukuran kasur double sangat direkomendasikan. 

Kasur double dapat Anda gunakan juga sebagai tempat tidur anak atau tempat tidur tamu. Ukurannya yang tidak terlalu kecil maupun tidak terlalu besar untuk satu orang akan membuat aktivitas tidur terasa lebih nyaman. Jika Anda menempatkan kasur double di kamar anak, Anda dapat menemani si kecil tidur karena ukuran kasur yang lebih lebar.
 

Ukuran kasur queen

 Ukuran kasur queen
Jika kasur single dan double diperuntukkan bagi satu orang, maka kasur queen dapat digunakan untuk dua orang dewasa. Sama seperti kasur double, ukuran kasur queen juga biasa digunakan di hotel. Dengan ukuran tempat tidur 160 cm x 200 cm kasur queen sangat direkomendasikan bagi pasangan yang memiliki luas kamar terbatas. Ukuran kasur queen yang tidak terlalu besar namun pas untuk dua orang dapat menghemat ruang kamar Anda. Sedangkan jika masih tinggal sendiri, ukuran kasur yang cukup luas akan membuat Anda tidur lebih leluasa. Karena alasan ini jugalah, kasur queen termasuk kasur yang paling banyak digunakan di rumah-rumah.

Namun jika posisi tidur Anda dan pasangan sering berubah-ubah tidak terkendali saat malam hari, kasur queen kurang sesuai untuk Anda. Ukurannya yang tidak terlalu besar akan membuat Anda kurang bebas bergerak ketika tidur berdua dengan posisi tubuh yang berubah-ubah. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda memilih ukuran kasur yang lebih luas agar tidur menjadi lebih nyaman.

Ukuran kasur king

Ukuran kasur king
Jika ukuran kasur queen masih belum memenuhi kebutuhan Anda, maka kasur king size dapat menjadi pilihan selanjutnya. Ukuran kasur ini sering digunakan hotel untuk tipe kamar eksklusif dengan tarif lebih mahal dari kamar lainnya. Sedangkan jika digunakan di rumah, kasur ukuran king biasa ditempatkan di kamar tidur utama. Standar ukuran tempat tidur King di Indonesia adalah 180 cm x 200 cm, cukup luas bagi Anda dan pasangan untuk tidur lebih leluasa. 

Kasur king juga cukup besar untuk Anda yang ingin tidur bersama si kecil namun tetap ingin merasa nyaman. Tidak heran jika kasur king sangat disukai oleh mereka yang sudah berkeluarga. Namun perlu diingat, karena ukuran kasur king yang cukup besar tentunya Anda memerlukan kamar yang cukup luas. Oleh karena itu sebelum membeli kasur ukuran ini, lebih baik Anda terlebih dahulu mengukur luas kamar.

Ukuran kasur super king

Ukuran kasur super king
Kasur super king adalah ukuran kasur paling besar berdasarkan standar ukuran kasur di Indonesia. Kasur ini memiliki luas 200 cm x 200 cm, sehingga Anda dapat sangat leluasa ketika terlelap, bagaimanapun posisi tidur Anda. Sebagai kasur dengan ukuran paling besar, kasur king dapat ditempati hingga tiga orang dewasa. Oleh karena itu kasur super king sangat cocok bagi Anda yang ingin tidur bersama pasangan dan anak atau ingin bersantai bersama di hari minggu yang tenang.

Kasur super king biasanya digunakan di kamar utama yang cukup luas atau di sebuah vila dan hotel dengan tipe kamar family suite atau presidential suite. Karena ukuran kasur yang sangat besar, tentu Anda perlu memiliki luas kamar yang memadai agar ruangan tidak terkesan sesak. Pastikan Anda telah mengukur luas kamar sebelum membeli kasur super king. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan rangka tempat tidur yang digunakan. Pilihlah rangka tempat tidur yang kuat agar sanggup menopang kasur super king yang besar.

Tips memilih kasur yang tepat

Tips memilih kasur dengan tepat
Anda telah mengetahui jenis ukuran kasur, lalu bagaimana caranya memilih kasur yang tepat? Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda lakukan ketika ingin membeli kasur baru.
 
1. Pastikan kasur terasa nyaman
Ketika berbicara tentang kasur tentu hal utama yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan, apa pun jenis kasurnya (latex, memory foam, busa). Pastikan kasur yang Anda gunakan dapat menopang tubuh secara maksimal. Oleh karena itu Anda perlu mencoba kasur sebelum membelinya.  
 
2. Sesuaikan ukuran kasur dengan kamar Anda
Sebelum membeli kasur, sebaiknya Anda mengukur luas kamar terlebih dahulu. Jangan sampai Anda membeli ukuran tempat tidur untuk kasur king namun luas kamar tidak memadai sehingga membuat ruangan terasa sempit. Pastikan Anda tetap memiliki area kosong yang cukup untuk menempatkan perabot penting lainnya dan ruang untuk bersiap di pagi hari.
 
3. Pilih jenis kasur sesuai kebutuhan
Ada banyak pilihan jenis kasur yang dapat Anda temukan, seperti kasur busa, kasur pegas, kasur memory foam, kasur lateks, dan kasur kapuk. Setiap jenis kasur tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga Anda perlu memilih sesuai kebutuhan tubuh Anda. Misalnya jika Anda memiliki masalah pada tulang punggung, Anda dapat memilih kasur memory foam karena kasur ini dapat mengikuti bentuk tubuh penggunanya. Atau jika Anda sering merasa gerah ketika malam, Anda dapat memilih kasur lateks yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kasur terasa lebih sejuk.

Tips merawat kasur

Tips merawat kasur agar awet
Agar kasur dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, tentu Anda perlu merawatnya secara rutin. Tidak perlu perawatan yang sulit, dengan beberapa langkah mudah berikut ini, Anda tidak perlu membeli kasur baru hingga bertahun-tahun kemudian.
 
1. Gunakan rangka tempat tidur berkualitas
Lengkapi kasur dengan rangka tidur agar kasur tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Lantai yang lembap akan memicu pertumbuhan jamur pada kasur Anda. Selain itu, rangka tempat tidur juga dapat menopang bentuk kasur sehingga bentuk dan kualitasnya dapat terjaga hingga bertahun-tahun kemudian.
 
2. Rutin bersihkan kasur dengan vacuum-cleaner khusus
Mungkin ada di antara kita yang terbiasa membersihkan kasur dengan cara menepuk-nepuknya. Namun sebenarnya cara ini sangat tidak dianjurkan karena ketika kita menepuk-nepuk kasur maka debu dan kotoran akan beterbangan dan pada akhirnya tetap jatuh di permukaan kasur. Cara terbaik membersihkan kasur Anda adalah menggunakan vacuum-cleaner atau penyedot debu. Namun vacuum-cleaner yang digunakan tentu khusus untuk membersihkan tungau, debu, atau kotoran mikro lainnya. 
 
3. Rutin mengganti seprai dan sarung bantal
Agar tidur semakin nyaman tentu Anda akan menggunakan seprai dan sarung bantal. Namun pastikan Anda mengganti seprai dan sarung bantal secara berkala. Dengan menjaga kebersihan seprai dan bantal tentu juga akan berdampak pada kebersihan kasur Anda.
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Anita