Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.

Produk Pembanding

Anda memiliki dari 8 produk yang dapat dibandingkan.


Bandingkan sekarang

Tips memilih lampu hias untuk ruang tamu

Tips memilih lampu hias ruang tamu
Untuk menciptakan sebuah ruang tamu yang nyaman, Anda dapat mempercantik tampilannya dengan menambahkan penggunaan lampu hias dalam berbagai jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan ruang yang Anda miliki. Dengan kombinasi yang tepat, lampu hias juga bisa menjadi elemen dekorasi yang dapat mempercantik tampilan ruangan Anda. Lampu hias tidak hanya berfungsi sebagai sumber penerang, namun sekaligus juga untuk memberi penuansaan dan menambah kehangatan suasana di dalam ruang tamu Anda.
lampu dinding dan lampu gantung hias
Tidak hanya dilihat dari segi desain, lampu juga memiliki karakteristik dan efek pencahayaan yang berbeda. Ukuran tinggi, tata letak, dan tujuan pemasangannya pun sangat penting untuk diperhatikan. Sesuaikan pula jenis lampu yang Anda pilih dengan aktivitas yang akan dikerjakan di ruang tamu.

Berikut adalah beberapa jenis lampu hias yang dapat ditambahkan untuk mempercantik ruang tamu di rumah Anda:
 

1. Lampu gantung

Lampu hias gantung
Lampu hias dengan model lampu gantung untuk ruang tamu sebaiknya disesuaikan dengan luas atau ukuran ruangan Anda. Apabila ruang tamu Anda memiliki luasan yang terbatas, pilih lampu gantung dengan model sederhana dan ukuran yang tidak terlalu besar. Sebaliknya jika ruangan Anda luas, Anda bisa menggunakan lampu gantung berukuran besar dengan desain lampu yang unik. Jadikan lampu gantung Anda sebagai salah satu aksen ruangan untuk membuat ruang tamu Anda terlihat lebih menarik. 

Besar lampu gantung sebaiknya tidak lebih dari 20 – 30 persen dari keseluruhan ruangan. Ketinggian pemasangan lampu juga harus diperhatikan dengan seksama. Sesuaikan tinggi plafon dengan lampu yang akan Anda pasang. Bila plafon terlalu tinggi dan lampu gantung pendek atau dipasang terlalu tinggi, maka lampu tidak akan menyebarkan cahaya yang merata ke seluruh ruangan. Fungsi lampu gantung juga tidak akan terasa. Jika plafon di rumah Anda rendah, lampu yang terlalu panjang juga dapat mengganggu kenyamanan dan berbahaya bagi Anda. Ketinggiannya sebaiknya 30 cm dari atas kepala Anda. Pastikan pula pencahayaan yang dihasilkan oleh lampu gantung tersebut cukup untuk menerangi seluruh ruang tamu Anda.  
 

2. Lampu meja

 Lampu hias meja
Lampu hias lantai
Selain dapat menambah unsur estetika ke dalam ruang tamu Anda, lampu hias dengan jenis lampu meja ini dapat mengatur pencahayaan dalam ruangan sehingga mempengaruhi keseluruhan suasana. Tak hanya menjadi penerangan tambahan ketika dibutuhkan, lampu meja juga bisa menjadi pelengkap dekorasi di ruang tamu. Memilih lampu meja tidak hanya untuk memberi pencahayaan saja, namun juga untuk mengubah nuansa ruang tamu Anda sehingga terasa nyaman dan menenangkan. Anda juga harus memikirkan posisi yang tepat untuk meletakkannya.

3. Lampu lantai

lampu hias Lampu dinding
Sesuaikan model lampu hias dengan tema desain ruang tamu
Lampu lantai tidak hanya akan membuat rumah Anda terlihat lebih terang, namun juga dapat menambah pencahayaan khusus dan membuat ruang tamu Anda terlihat lebih berdimensi. Lampu lantai ini dapat memberikan pencahayaan tambahan pada setiap sudut ruangan Anda. Selain bermanfaat untuk menerangi ruangan, lampu hias jenis ini juga dapat mempercantik tampilan ruang tamu Anda. Terdapat berbagai pilihan bentuk dan warna yang dapat disesuaikan dengan keseluruhan tema dan desain ruang tamu di rumah Anda. Dengan pemilihan lampu lantai yang tepat, suasana ruangan Anda akan terasa lebih hangat dan nyaman.

4. Lampu dinding

Sesuaikan ukuran lampu hias dengan ukuran ruang tamu
Atur ukuran lampu hias dengan ukuran ruang tamu
Selain untuk membantu pencahayaan dari lampu utama, lampu dinding di ruang tamu juga memiliki fungsi khusus untuk menerangi detail-detail aksesoris, seperti lukisan, foto, hiasan dinding lainnya, atau pun juga untuk menerangi area-area tertentu dalam ruangan. Dengan adanya lampu dinding yang menyorot ke benda-benda tersebut dapat membantu Anda untuk dapat lebih memfokuskan pandangan. Lampu dinding juga dapat difungsikan sebagai lampu yang bertugas untuk membantu suatu aktivitas tertentu, contohnya sebagai lampu baca. Dengan adanya lampu dinding, interior ruangan akan terlihat lebih cantik dan Anda pun dapat beraktivitas pada malam hari dengan nyaman.
Sebagai salah satu ruang publik di rumah, ruang tamu harus dilengkapi dengan lampu hias yang sesuai sekaligus mencerminkan kepribadian dan tema desain keseluruhan ruangan. Untuk menentukan pemakaian lampu hias yang tepat, Anda harus mempertimbangkan bentuk, warna dan gaya dari lampu tersebut. Berikut ini adalah tips untuk memilih lampu hias untuk ruang tamu: 

1. Sesuaikan model lampu hias dengan tema desain ruang tamu

Coba sesuaikan model desain lampu yang ingin Anda gunakan dengan tema keseluruhan ruang tamu di rumah Anda. Jika ruang tamu Anda memiliki desain modern minimalis, pilih lampu hias yang memiliki desain sederhana dan memiliki warna yang netral karena model seperti ini akan sangat cocok untuk ruangan Anda. Jika Anda memiliki tema ruang tamu dengan perabot berbahan alami, gunakan lampu yang juga memiliki unsur natural.
ukuran lampu hias dengan ukuran ruang tamu

2. Sesuaikan ukuran lampu hias dengan ukuran ruang tamu

Lampu hias untuk ruang tamu harus Anda sesuaikan dengan ukuran atau luasan ruangan. Sesuaikan pula dengan ukuran perabot lainnya sehingga terlihat pas dan selaras. Apabila Anda memiliki ruang tamu dengan ukuran terbatas, gunakan lampu hias dengan model yang sederhana, ramping dan memiliki warna yang netral. Anda juga dapat memasang dua buah lampu sekaligus untuk menambah pencahayaan.
jenis, material lampu hias
atur ukuran ukuran ruang tamu dengan lampu hias
Dan sebaliknya, apabila ruang tamu yang Anda miliki berukuran luas dengan plafon yang tinggi, Anda dapat mencoba untuk berkreasi menggunakan lampu hias dengan model yang besar dan berani.
Coba juga menggunakan beberapa jumlah lampu sejenis ataupun lampu yang berbeda jenis dan material yang dipasang sekaligus untuk membantu mengisi ruang agar ruang tamu Anda yang besar tidak terlihat kosong.
atur ukuran ruang tamu dengan lampu hias
ukuran ruang tamu dengan lampu hias

3. Sesuaikan warna cahaya lampu dengan aktivitas utama di ruang tamu

Sesuaikan warna cahaya lampu hias dengan aktivitas utama di ruang tamu
Pemilihan warna cahaya lampu sangat penting untuk memberi kenyamanan, membentuk penuansaan dan sekaligus menambah nilai estetika pada ruangan tersebut. Untuk ruang tamu, penggunaan cahaya lampu dengan warna kuning akan menghasilkan ruangan yang terasa hangat dan ramah. Sesuaikan pula warna cahaya lampu yang akan Anda gunakan dengan tema dan warna ruangan Anda secara keseluruhan.

4. Sesuaikan efek cahaya yang dihasilkan

Tips memilih lampu hias Sesuaikan efek cahaya yang dihasilkan
Sebelum membeli sebuah lampu, Anda harus memperhatikan efek cahaya yang dihasilkan lampu tersebut. Anda harus mencermatinya karena hal ini akan mempengaruhi dan berhubungan dengan tema keseluruhan ruang tamu Anda nantinya. Lampu memiliki berbagai efek cahaya. Ada yang memberikan cahaya yang lembut dan juga pancaran yang kuat. Sorot lampu yang dihasilkan juga berbeda-beda. Ada lampu yang memiliki sorot lampu kecil dan ada yang besar. Masing-masing efek cahaya yang dihasilkan akan memberikan penuansaan yang berbeda pada keseluruhan ruang tamu Anda. 

5. Sesuaikan dengan anggaran keuangan 

Ketika memilih lampu hias yang akan digunakan untuk ruang tamu, sesuaikan dengan anggaran atau kondisi keuangan Anda. Utamakan kualitas dari lampu hias tersebut. Anda juga harus memilih lampu yang hemat energi, mudah dalam pemasangannya dan juga dalam hal perawatannya.  
Tips memilih lampu hias Sesuaikan dengan anggaran keuangan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat banyak jenis lampu hias dan beberapa tips untuk memilih lampu hias di ruang tamu. Ada banyak cara untuk membuat rumah Anda tampak cantik dengan beragam pilihan lampu hias yang tepat. Jangan ragu untuk berkreasi menciptakan ruang tamu impian Anda. Selamat mencoba!
Kami yakin kreativitas selalu menginspirasi, dan IKEA bangga menjadi bagian dari kreasi dekorasi rumah Anda. Namun, jika perabot dimodifikasi sehingga mengubah fungsi asli, maka ini akan mengakhiri masa garansi.
 

Dibuat oleh

Penulis: Ayu Nindyakirana